MAKNA PENGGUNAAN FIGUR PEREMPUAN DALAM KAIN BATIK KONTEMPORER

Authors

  • Levina Prabowo Universitas Kristen Maranatha
  • Kelly Harsono Universitas Kristen Maranatha
  • Lutfiah Oktaviani Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.62667/begibung.v2i1.57

Keywords:

figur perempuan, batik kontemporer, motif batik

Abstract

Batik adalah satu dari banyaknya warisan budaya asli Indonesia yang telah dikenal di kancah dunia, bahkan UNESCO telah menetapkan Batik sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda. Batik sendiri memiliki beragam jenis dan motifnya masing-masing. Namun sayangnya masih banyak jenis dan motif dari batik yang belum dikenal dan diketahui oleh masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan untuk melakukan penelitian makna penggunaan figur perempuan dalam kain batik kontemporer ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan salah satu motif batik, yaitu motif figur perempuan yang divisualisasikan dalam kain batik kontemporer. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa figur perempuan telah menjadi salah satu objek penting dan sumber inspirasi dari pembuatan seni batik. Penggunaan figur perempuan dalam kain batik biasanya berdasarkan cerita atau kisah yang ingin diangkat dalam seni batik tersebut. Figur perempuan dipilih karena merupakan tokoh atau bagian penting dari suatu cerita yang diangkat. Selain itu penggunaan figur perempuan dapat merepresentasikan banyak orang. Sehingga penelitian ini dapat menjadi salah satu bentuk upaya untuk menjaga dan melestarikan warisan  budaya batik, yang merupakan budaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Levina Prabowo, Universitas Kristen Maranatha

Levina Prabowo

Program Sarjana Sastra China

Universitas Kristen Maranatha

Kelly Harsono, Universitas Kristen Maranatha

Kelly Harsono

Program Sarjana Sastra China

Universitas Kristen Maranatha

References

Atmojo, W. T. (2013). Penciptaan Batik Melayu Sumatera Utara. Panggung, 23(1), 90–97. https://doi.org/10.26742/panggung.v23i1.89

Atmosudiro, S., & Hascaryo, A. T. (2008). Jawa Tengah Sebuah Potret Warisan Budaya. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/tiga-hiasan-yang-sering-dijumpai-di-candi-dan-cerita-di-baliknya/

Aurumajeda, T., & Nurhidayat, M. (2020). Penerapan Ornamen Kereta Paksi Naga Liman Terhadap Merchandise Cirebon. Journal Kreatif, 02(01), 8–11. https://journalkreatif.sttbandung.ac.id/index.php/files/article/view/15

Creswell, J. W. (2014). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (J. Young (ed.); Fourth Edi). Sage Publication Inc. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Hartanti, G., & Setiawan, B. (2019). Pendokumentasian Aplikasi Ragam Hias Batik Jawa Tengah Motif Kawung, Sebagai Upaya Konservasi Budaya Bangsa Khususnya Pada Perancangan Interior. Aksen, 3(2), 25–37. https://doi.org/10.37715/aksen.v3i2.807

Pandanwangi, A, Adi, S. P., Dewi, B. S., Damayanti, N., & ... (2021). Visualisasi Cerita Rakyat: Figur Perempuan dalam Karya Seni Batik Kontemporer. Panggung, 31(4), 537–548. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1932/manual/PanduanOJS.pdf

Pandanwangi, Ariesa, & Nuning Damayanti. (2017). Visualisasi Perempuan pada Lukisan Tradisional Tionghoa. Panggung, 27(2), 117–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v27i2.254

Ratnadewi, R., Pandanwangi, A., & Prijono, A. (2021). Learning mathematics through art in a faculty of engineering. World Transactions on Engineering and Technology Education, 19(3), 271–275. http://wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/Vol.19, No.3 (2021)/03-Ratnadewi-R.pdf

Saldaña, J. (2013). The Coding Manual for Qualitative Researchers. In J. Seaman (Ed.), Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal (Second edi, Vol. 12, Issue 2). SAGE Publisher. https://doi.org/10.1108/qrom-08-2016-1408

Taufiqoh, B. R., Nurdevi, I., & Khotimah, H. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra).

Wahyuningsih, D. (2015). Sejarah Batik Jawa Tengah. 3(2), 54–67.

Woelandhary, A. D., Pandanwangi, A., & Damayanti, N. Y. (2021). Expression and Visual Narration of The Jakarta Marunda Batik. Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 512(Icoflex 2019), 162–166. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.031

Downloads

Published

24-02-2024

How to Cite

Prabowo, L., Harsono, K., & Oktaviani, L. (2024). MAKNA PENGGUNAAN FIGUR PEREMPUAN DALAM KAIN BATIK KONTEMPORER . BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 228–238. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i1.57