PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 2 BONE
DOI:
https://doi.org/10.62667/begibung.v2i3.107Keywords:
Model Pembelajaran PAIKEM, , Peningkatan Hasil Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan (PAIKEM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan lokasi penelitian di MAN 2 BONE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 26 orang, Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada tes siklus 1 terdapat 21 orang yang hasil belajarnya berada dalam kategori tidak tuntas dengan jumlah presentase 80% dan jumlah siswa yang tuntas adalah 5 orang atau 20%. Siklus II terdapat 8 siswa yang hasil belajarnya berada dalam kategori tidak tuntas dengan presentase 31%, dan 18 siswa yang berada dalam kategori tuntas dari keseluruhan siswa dengan presentase 69%. Maka dapat disimpulkan bahwa telah tercapai peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar dengan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM).
Downloads
References
Arief, 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). JURNAL PENA ILMIAH. 1 (1),143.
Asari, 2021. Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Journal of Community Service. 3 (4), 1143.
Arikunto, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arifin, Z. (2012).Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT, Remaja Rosdakarya.
Arikunto, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.2015.
Atminingsih, 2019. Kefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IIISDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7, (2), 45.
Baihaki M, 2020, Memotivasi Siswa Untuk Belajar Dengan Variasi Metode Dan Penerapan Paikem. Edupedia 4, (2), 144.
Djamarah, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gumantan, 2020. Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19 (2), 198.
Hanifah, 2016. Penerapan Model Paikem Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal at-tajdid, 5 (2), 304-306.
Muhibbin,syah. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noeraini, 2016. Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas, Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5, (5), 9-10.
Kariati, 2014. Penerapan Metode Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas Vii Smp Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa.
Palobo, 2019. Analisis Kualitas Penlitian Tindakan Kelas Guru. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6 (2), 121.
Rusita, 2022. Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Iman Kepada Allah Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Kahayan Kuala. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2 (1), 329.
Siregar, 2017. Penerapan pendekatan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada pembelajaran matematika kelas IV SD negeri 010 rambah. Jurnal pemikiran dan pengembangan SD, 5 (2) 745.
Sudjana, N. 2018. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadameta Group. 5
Slameto. 2011. Model PAIKEM. Semarang: UNNES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Prastika, Emmi Azis, Haeril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0