PENGARUH EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.62667/begibung.v2i2.99Keywords:
Media Pembelajaran, Audio Visual, minat BelajarAbstract
Tujuan penulis mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa Pengaruh Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa, serta memberikan masukan yang berharga kepada pihak sekolah khususnya XI IPS SMA Negeri 5 Bone, bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dapat berpengaruh minat belajar siswa, dan untuk memperoleh pengalaman praktis dengan bidang penelitian yang bersifat ilmiah yang dapat disumbangkan kepada dunia pendidikan pada khususnya.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dependet variable (variable bebas) dan independent variable (Variabel terikat). Media Pembelajaran Audio Visual sebgai variable bebas dengan simbol X. Minat belajar sebagai variable terikat dengan simbol Y. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto yang bersifat kolerasional. Metode dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bone yang berjumlah 132 orang. Penelitian ini digunakan sampel sebanyak 64 orang siswa, dengan menggunakan rumus Uji Regresi (Regresion Test). Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket Media Pembelajaran Audio Visual , dan minat belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan penelitian ini dengan menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bone, dibuktikan berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai sig. yaitu media audio Visual sebesar 0,179> 0,05, sehingga sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji t dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh Media Audio Visual terhadap minat belajar . Ditunjukkan oleh nilai t hitung = < t tabel dengan tingkat signifikansi 0,717 > 0,05 Dalam pembelajaran sangat berpengaruh media audio Visual terhadap minat belajar, sehingga hipotesis diterima ada pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap minat belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bone.
Downloads
References
Abdullah, P. M. (2015). Living In The World That Is Fit For Habitation : CCI’s Ecumenical And Religious Relationships. In Aswaja Pressindo.
Afiatin, N. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.
Amrizal, D., Yusriati, & Perlaya, A. (2020). Membangun Minat Belajar Melalui Program Bantuan Siswa Miskin Di SMP Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan. 2001, 29–42.
Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim Di SMP Kota Pekanbaru. 3(2), 61–73. Https://Doi.Org/10.25299/Althariqah.2018.Vol3(2).2322
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. Https://E-Resources. Perpusnas.Go.Id: 2093/Doi/Abs /10.1142/ S0192415X20500500
Daniel. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Erlin, M., Sulistyo, S., & Afian, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1–7. Https://Doi.Org/10.21067/Jrpe.V4i2.3907
Herlambang, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Melalui Media Online Di Masa Pandemi Covid-19. Optimal, 18(1), 12–26. Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Encep.2012.03.001
Kusnawati, E. (2014). Oleh : Eti Kusnawati.
Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. Https://Doi.Org/10.33373/Kop.V5i2.1521
Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5037881
Novita. (2020). Kemajuan Teknologi Gadget. 2(2), 70–79.
Permadi, A. S., Purtina, A., Palangkaraya, M., Raya, P., Tengah, K., Palangkaraya, U. M., Raya, P., & Tengah, K. (2020). Tunas The Effect Of Information Technology Utilization And Communication On Study. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar, 16–21.
Prasetyo, W. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 04 Bantar Bolang. Http://Repository.Upstegal.Ac.Id/1338/
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan. 5(September), 722–731.
Sardini. (2013). Pointianak Artikel Penelitian Oleh Sardini Nim : F01107101 Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pendidikan Ekonomi , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak, 0–17.
Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. Https://Doi.Org/10.17509/Ghm.V2i1.23048
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. Https://Doi.Org/10.21831/Jorpres.V13i1.12884
Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Analysis Jour-Nal, 8(2), 797–813. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V8i2.31517
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aris, Basri, Muhammad Yany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0